2 Sept 2015

Waktu Paling Efektif Untuk Belajar

Waktu Paling Efektif Untuk Belajar



Belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Artikel kali ini akan membahas tentang Waktu Paling Efektif Untuk Belajar.


Satu hari terdapat 24 jam, artinya otak kita melakukan aktivitasnya terus menerus selama 24 jam. Selama kurun waktu tersebut, ada beberapa jam yang sangat efektif untuk belajar dan bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin, diantaranya :

Jam 06.00 am – 09.00 am Kurun waktu ini dinamakan GREEN STAGE. Pada kurun waktu ini, otak masih rileks dan masih segar untuk menerima segala macam informasi yang masuk.

Jam 09.00 am – 12.00 pm Kurun waktu ini dinamakan YELLOW STAGE. Pada kurun waktu ini, otak dalam keadaan jenuh untuk menerima segala macam informasi yang masuk. 

Jam 15.00 pm – 18.00 pm Kurun waktu ini dinamakan WHITE STAGE. Pada kurun waktu ini, otak dalam keadaan netral, otak sedang mempersiapkan diri untuk rileks pada fase selanjutnya.

Jam 18.00 pm – 24.00 am Kurun waktu ini dinamakan BLACK STAGE. Pada kurun waktu ini otak dalam keadaan rileks yang bisa berubah. Maksudnya adalah bisa menjadi Green, Yellow, Red ataupun White Stage tergantung dari Anchor atau jangkar yang tercipta pada kegiatan sebelumnya.

Jam 24.00 am – 06.00 am Kurun waktu ini dinamakan GREY STAGE. Pada kurun waktu ini, otak dalam keadaan rileks yang dalam karena harus beristirahat setelah beraktifitas pada stage sebelumnya.

Kesimpulannya adalah Waktu Paling Efektif Untuk Belajar antara jam 06.00 am – 09.00 am dan Jam 18.00 pm – 24.00 am. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke blog Pendidikan Dasar Guru.

0 comments:

Post a Comment