31 Aug 2015

6 Kiat Sukses Menghadapi Ujian Nasional

6 Kiat Sukses Menghadapi Ujian Nasional


Ujian Nasional (UN) merupakan proses akhir yang wajib dilalui oleh setiap pelajar. Karenanya status seorang pelajar dipertaruhkan. Pada postingan kali ini saya akan membagikan 6 kiat sukses menghadapi ujian nasional.

1. Tujuan
Langkah awal yang harus diperhatikan oleh seorang pelajar sebelum melaksanakan ujian nasional adalah menentukan tujuan. hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kemana akan melangkahkan kaki, maksudnya adalah ketika seorang pelajar sudah mempunyai tujuan yang jelas bukan hal yang sulit ketika meneruskan masuk  sekolah favorit.

2. Target
sebelum melaksanakan ujian nasional, wajib bagi seorang pelajar untuk menetapkan target. Target di sini lebih spesifik pada aspek quantitatif (angka), karena kriteria seorang pelajar dinyatakan lulus ditentukan oleh angka yang diperoleh ketika ujian nasional . Targetkan berapa nilai yang anda inginkan untuk lulus atau bisa diterima di sekolah/universitas ternama.

3. Belajar Secukupnya
Langkah selanjutnya adalah belajarlah secukupnya dan jangan terlalu monoton menggunakan waktu hanya untuk belajar. Perlu diketahui bahwa kapasitas manusia itu sangatlah terbatas, apabila kalian memaksanan diri untuk memasukkan materi ke otak, bersiap-siaplah untuk blank/stres

4. Cari Tambahan Soal
Langkah ke-4 ini sangatlah penting karena menurut pengalaman penulis, soal-soal yang keluar dalam ujian nasional biasanya tdak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu carilah tambahan soal dengan membeli kumpulan soal-soal atau meminjam ke kakak kelas

5. Ibadah
Semua yang kita lakukan di dunia ini tidak semata-mata terjadi begitu saja. ada sisi lain yang harus dilakukan oleh seorang pelajar sebelum menghadapi ujian nasional. Perbanyaklah beribadah. Saya ambil contoh sholat tahajud, karena dalam ibadah tersebut kalian bisa mencurahkan semua keinginan, target maupun tujuan dan jangan lupa sampaikan dengan jelas.

6. Restu Orang Tua
Ada ungkapan "ridho Allah tergantung pada ridho orang tuanya". maksudnya adalah kesuksesan seorang anak tidak terlepas dari doa orang tua, untuk itu wajib bagi seorang pelajar meminta doa/restu orang tua agar sukses melaksanakan ujian nasional dan dimudahkan dalam mengerjakan.

Lakukan 6 langkah di atas dan liat hasilnya... ! Demikian 6 kiat sukses menghadapi ujian nasional yang bisa penulis bagikan, semoga bermanfaat dan lulus dengan nilai memuaskan. Thanks sudah berkunjung di blog Pendidikan Dasar Guru

0 comments:

Post a Comment