6 Sept 2015

Pengertian dan Macam-macam Metode Pembelajaran

Pengertian dan Macam-macam Metode Pembelajaran


Salah satu kunci suksesnya seorang guru adalah melalui pemilihan metode pembelajaran secara tepat. Kali ini akan kita bahas mengenai Pengertian dan Macam-macam Metode Pembelajaran. Metode pembelajaran adalah cara atau jalan yang ditempuh oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Dapat pula disimpulkan bahwa metode pembelajaran adalah strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru sebagai media untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Hal ini mendorong seorang guru untuk mencari  metode yang tepat dalam penyampaian materinya agar dapat diserap dengan baik oleh siswa.


Macam-macam metode pembelajaran yang bisa ditemukan sekarang sebenarnya sangat banayak. Meskipun demikian, ada beberapa diantaranya yang memiliki kepopuleran yang lebih dalam hal penggunaan. Berikut macam-macam metode pembejaran yang bisa diterapkan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM):
1.    Metode Ceramah
2.    Metode Tanya Jawab
3.    Metode Diskusi
4.    Metode Demonstrasi
5.    Metode Eksperimen
6.    Metode Latihan atau Drill
7.    Metode Pemberian Tugas
8.    Metode Learning Outdoor
9.    Metode Sistem Regu
10.  Metode Sosiodrama
11.  Metode Simulasi

Lain waktu akan kita bahas satu per satu pengertian tentang metode-metode di atas. Demikian penjelasan singkat perihal Pengertian dan Macam-macam Metode Pembelajaran. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di Pendidikan Dasar Guru.

Tag: metode pengajaran tahun 2016

0 comments:

Post a Comment