2 Sept 2015

Pengertian dan perbedaan sederhana Antara Skripsi S1 Tesis S2 dan Disertasi S3

Pengertian dan perbedaan sederhana Antara Skripsi S1 Tesis S2 dan Disertasi S3



Dalam dunia akademik kita mengenal adanya istilah karya ilmiah. Karya ilmiah sendiri di peroleh dari beberapa hasil peneliatian yang dilakukan oleh mereka yang berstatus mahasiswa. Sedangkan macam-macam karya ilmiah di bagi menurut jenjeng atau tingkatannya sebagai berikut skripsi untuk mahasiswa Strata 1 (S1), Tesis untuk strata 2 (S2) dan Disertasi untuk Strata 3 (S3). Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian danperbedaan Antara Skripsi S1 Tesis S2 dan Disertasi S3.


SKRIPSI, merupakan karya tulis ilmiah berdasarkan hasil penelitian lapangan atau studi kepustakaan yang disusun mahasiswa sesuai dengan bidang studinya sebagai tugas akhir dalam studi formalnya.


TESIS, Tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen-argumen untuk dikemukakan, merupakan hasil dari studi yang sistematis atas masalah, tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Tesis adalah karya ilmiah yang disyaratkan untuk lulus pendidikan jenjang S2.


DISERTASI, adalah karya ilmiah mahasiswa untuk jenjang pendidikan S3 yang berupaya menciptakan suatu teori baru dengan menguji hipotesis yang disusun berdasarkan teori yang sudah ada. Disertasi berupa paparan diskusi yang menyertai sebuah pendapat atau argumen.



PERBEDAAN SKRIPSI, TESIS DAN DISERTASI

Skripsi biasanya bertujuan untuk menggambarkan fenomena untuk ilmu pengetahuan untuk menjawab pertanyaan yang sederhana. Sehingga skripsi memang lebih banyak cenderung ke deskriptif kualitatif. Kalaupun penelitiannya asosiatif, maka variabelnya biasanya cuma 2. Tesis 1 tingkat di atas skripsi. Bertujuan untuk mendeskripsikan suatu fenomena ilmu pengetahuan secara komprehensif, merumuskan hipotesis berdasarkan teori, dan menghasilkan jawaban dari hipotesis tersebut. Sedangkan disertasi adalah karya ilmiah level 3 (satu tingkat di atas tesis). Kalau tesis hanya menjawab rumusan masalah berdasarkan teori yang disusun dalam hipotesis (hanya melihat apakah teori tersebut relevan atau tidak) maka Disertasi dapat menolak atau membantah teori yang sudah ada, dan menyusun teori baru.


Demikian Pengertian dan perbedaan Antara Skripsi S1 Tesis S2 dan Disertasi S3, semoga bermanfaat dan terima kasih suda berkunjung diblog Pendidikan Dasar Guru.

Tag: perbedaan skripsi s1 dan s2

0 comments:

Post a Comment